Teknik SEO alias Search Engine Optimization selalu dinamis dari tahun ke tahun, mengikuti algoritma mesin pencari.

Tahun ini, sejumlah perubahan membutuhkan strategi baru demi mendatangkan traffic ke website kita. Apa saja?

1. Pahami audiens

Kita harus memahami apakah audiens menyukai teks , gambar atau video. Mengetahui kemauan audiens serta maksud tujuan pengguna menjadi hal yang paling penting di tahun 2019 ini.

“Bahkan jika website Anda memiliki konten yang ditulis dengan baik, semua bisa sia-sia jika Anda tak paham audiens. Konten itu tak akan menumbuhkan bisnis,” ujar Motoko Hunt, Presiden AJPR seperti dikutip dari Search Engine Journal.

Ia menegaskan pentingnya memasukkan faktor minat, selera, dan preferensi audiens.

“Jika situs Anda memperkaya pencarian audiens atas informasi, Anda akan dihargai oleh Google dan pengunjung Anda akan berinvestasi pada Anda,” tambah Julia McCoy, CEO Express Writers.

2. Mobile-oriented dan cepat diakses

Google telah memberlakukan ranking melalui versi mobile dari web kita. Ini juga diterapkan pada pemberian indeks. Artinya, web dengan versi mobile yang lebih baik akan mendapatkan indeks yang baik.

Saat ini, masih ada dua jenis indeks yaitu indeks versi mobile dan desktop. Namun Google akan mengurangi versi desktop dan lebih fokus pada indexing mobile web.

Tahun ini, Google juga akan memprioritaskan kecepatan pemuatan web versi mobile. Jadi, pastikan web kita cepat dan baik diakses dari perangkat mobile.

Saatnya berinvestasi serius pada kecepatan akses website, Javascript dan Progressive Web Apps (PWAs).

3. Konten berkualitas

Konten berkualitas akan selalu dicari dan mendatangkan traffic. Artikel panjang juga tak selamanya dihindari, sejauh isinya dibutuhkan dan gaya bahasanya dapat diterima audiens.

Untuk menghasilkan konten berkualitas, kita bisa membuat konten yang fokus untuk memberi solusi, memotivasi, dan relevan dengan banyak orang.

Hindari click bait karena akan menurunkan tingkat kepercayaan audiens.

4. Bersiap dengan pencarian suara

Pencarian menggunakan suara akan menjadi bagian dalam perubahan yang lebih besar dalam lalu lintas dunia maya. Penelusuran suara biasanya menghasilkan kueri kata kunci panjang (long tail keyword) seperti ‘Cara membuat pisang goreng’.

Konsekuensinya, siapkan konten dengan kata kunci panjang dalam 100-150 kata pertama artikel. Pencarian dengan suara akan sangat dipengaruhi kultur audiens yang menjadi target. Misalnya, orang Indonesia lebih sering menyebut HP ketimbang ponsel.

Pemilik bisnis restoran atau kafe mesti siap dengan tren ini. Berdasarkan temuan Brightlocal.com, restoran adalah informasi yang paling banyak dicari via suara, menyusul toko kelontong/supermarket, layanan antar makanan, toko baju, dan hotel budget.

Sumber: Brightlocal.com – Voice Search for Local Business Study

5. Optimalkan Rich Snippet

Fitur rich snippet Google yang menampilkan cuplikan konten pada halaman pencarian bisa kita optimalkan untuk menarik perhatian.

Saat ini, Google sudah menampilkan konten penelusuran berupa cuplikan teks, rating (bintang), dan tabel sehingga audiens dapat memilih konten yang direkomendasikan.

Tampilkan informasi dalam struktur data yang baik sehingga meningkatkan kemungkinan website tampil di halaman utama pencarian Google.

6. Go Beyond Google Search

SEO bukan sekadar ngurusin artikel website agar mudah ditemukan saat dicari melalui Google. Prinsip SEO sebetulnya berlaku di semua kanal pencarian.

Menerapkan prinsip SEO pada deskripsi produk di marketplace, ataupun app store dan play store akan meningkatkan indeks yang baik dan bisa berujung pada traffic tinggi.

7. Peran “linkless backlinks”

Pada konferensi 2018, Garry Illyes dari Google menyebutkan bahwa backlink alias tautan dari website lain ke website kita masih berpengaruh pada “nilai” website kita.

Namun, ia juga mengingatkan bahwa “linkless backlinks” akan memainkan peran penting. Asalkan website lain menyebutkan website kita, tanpa memberi tautan langsung, tetap akan dinilai penting oleh Google.

Kunci untuk mendapatkan “linkless backlinks” lagi-lagi terletak pada konten juara yang mengundang orang lain untuk membahas di website mereka.

Demikian 7 tren SEO 2019 yang perlu kita cermati apabila ingin meningkatkan pertumbuhan bisnis melalui online content marketing.

Jika Anda tak punya tim khusus untuk mengelola konten online, silakan hubungi kami.


Published by Sica Harum

Create content based on data. She has more than 10 years experiencing in journalism and digital content, specialized in narrative journalism.

Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.