Buat pemilik usaha yang belum terlalu besar, alias dalam tahap berkembang, mengganti logo saat kondisi bisnis stagnan bisa memberi penyegaran.

Perkenalkan logo baru Arkea, namanya Arks 🙂

Logo ini lahir karena Arkea butuh penyegaran setelah lima tahun mengunakan logo lama.

Plus, masa-masa pandemi Covid-19 yang jujur saja, membuat kegiatan bisnis sedikit melambat, telah menyisakan ruang-ruang kreatif, sekaligus introspeksi.

Maka, diputuskan melakukan rebranding logo.

Bagi bisnis, logo bukan hanya sebagai wajah perusahaan, tapi juga doa pemilik usaha dan komitmen perusahaan.

Dan yang penting, logo baru menjadi semangat dan sugesti baru.

Bagi perusahaan besar yang sudah matang dan beroperasi puluhan tahun, mengganti atau rebranding logo punya konsekuensi besar, sehingga biayanya pun besar.

Tapi buat pemilik usaha yang belum terlalu besar, alias dalam tahap berkembang, mengganti logo saat kondisi bisnis stagnan bisa memberi penyegaran.

Mungkin sama seperti kita potong dan ganti gaya potongan rambut ketika mengakhiri sesuatu -entah baru putus cinta, atau sekadar bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja.

Sometimes, it helps.

Mengutip Forbes, Gabriel Shaoolian dalam artikel berjudul “Updating Your Brand For A Fresher Look: How To Know It’s Time For A Logo Redesign” menulis begini.

Tidak ada logo yang bisa relevan selamanya. Waktu berubah, begitu juga dengan kepekaan desain dan norma. Bisnis pun juga bisa berubah. Logo yang kuat di awal perusahaan terbentuk, bisa jadi tak relevan lagi.

Gabriel Shaoolian, 2017, Forbes

Sekitar awal April, rencana rebranding logo Arkea makin menguat.

Desainer logo baru ini, masih orang yang sama, yang kenal dekat dengan logo lama.

Angita Amanda, Art Director Arkea, tak butuh waktu terlalu lama untuk menawarkan sejumlah opsi logo baru berdasarkan brief ini.

Tak lama, kemudian, muncul opsi ini:

Kami mempersempit opsi itu, menjadi dua pilihan. Salah satunya, ini:

Tapi kemudian, logo ini lah yang kemudian dipilih.

Warna logo ini mengingatkan pada luar angkasa, semacam misi pergi ke bulan 😀

Sekadar informasi, tanggal 12 April 1961 Yuri Gagarin menjadi manusia pertama yang sukses ke luar angkasa.

Berdasarkan ilmu otak atik gathuk, alias ‘ilmu ngawur yang di-pas-pas-in’, anggaplah kelahiran logo ini ‘harmonis’ dengan sejarah. ^_^

Plus, logo baru ini terasa lebih digital, sekaligus ‘akrab’ dan muda.

Semoga Arks mewakili semangat kami melakukan perbaikan dan pengembangan terus menerus, dari waktu ke waktu. Sebab progress selalu lebih baik dan di atas perfection.

Logo baru ini menyegarkan kembali makna Arkea.

Sebelum di-pas-paskan sebagai akronim dari nama resmi perusahaan, Arkea sebetulnya mengacu pada “archaea”.

Archaea adalah mikroorganisme bersel tunggal yang memiliki struktur mirip bakteri. Sangat kecil, namun memainkan peranan besar dalam kehidupan di bumi, termasuk dalam siklus karbon dan siklus nitrogen

Archaea bertahan dalam kondisi ekstrim, seperti di mata air panas, atau bahkan danau garam. Archaea ditemukan nyaris di semua tempat di bumi.

Ia kecil, mungkin tak mentereng apalagi menyilaukan. Namun dampaknya luas sebagai bagian utama bumi dan kehidupan.

Karena ketahannya di segala medan, archaea bisa bertahan melewati sejumlah evolusi, berjuta-juta tahun lamanya.

Kami rasa, kami pun ingin seperti itu.

Bertahan selamanya, dan memberi dampak luas bagi siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.

Apa cerita logo bisnis Anda?

Sebab biasanya, cerita di balik bisnis itu lah yang membuat pemiliknya lebih punya daya tahan,

I think, story is kind of archaea it self.

So, tell us your story. Let’s do something amazing based on your story!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Sica Harum

Sica Harum

Leave a Replay

Dapatkan penawaran istimewa s/d 31 Mei 2020

Pilih desain premium, bisa modifikasi warna. Maintenance mulai Rp99.000/bulan.