Review Buku Desain Pri S.: Serumpun Tulisan, Sebuah Pencerahan dalam Literatur DKV Indonesia

Angita Amanda

Angita Amanda

Ketertarikannya terhadap seni sejak kecil membawa pengagum karya-karya Maurice Sendak dan Haruki Murakami ini bekerja di bidang desain pada 2007. Karya desainnya merentang dari buku ilustrasi anak, desain digital hingga print ad. Sampai sekarang, ia masih menyukai desain post modern dan surealisme.
Angita Amanda

Buku Desain Serumpun tulisan

Hanya sedikit buku desain di Indonesia yang betul-betul membahas bidang seni dan desain, terutama tentang Desain Komunikasi Visual (DKV) di Indonesia, dan tak sekadar membahas tutorial software saja. Kepulangan Priyanto Sunarto (1947-2014) memicu penyusunan buku Pri S.:Serumpun Tulisan terbitan DGI Press.

Buku desain yang menjadi tribute bagi sosok istimewa dalam bidang DKV di Indonesia itu, bisa disebut sebagai langkah baru dalam literatur seni dan desain di negeri ini. Seperti layaknya kompendium, setiap halaman buku desain ini memuat gagasan Pri yang dikenal sebagai seniman grafis, kartunis, desainer grafis, sekaligus pendidik berdedikasi di Indonesia. Karena itu, keberadaan buku desain terbitan DGI Press ini merupakan angin segar dan awal yang baik bagi kemajuan bidang DKV itu sendiri, terutama dalam literaturnya.

Sekilas, cover buku Pri ini terlihat seperti layaknya buku biografi seorang seniman dan desainer grafis. Memang, merekam jejak profesi Pri secara otomatis akan memperkarya litartur seni dan desain grafis di Indonesia. Namun percayalah, buku ini lebih dari sekadar biografi. Praktisi dan mahasiswa DKV, bahkan masyarakat luas, membutuhkan buku desain ini untuk mempelajari dan mengenal lebih jauh mengenai apa itu DKV beserta realita-realitanya di Indonesia. 

buku desain dari Priyanto Sunarto

Dengan desain layout bergaya ilustrasi pada cover,  konten buku ini sangat menarik dan enak dipandang mata. Tulisan mendiang Pri ini sangat mudah dicerna. Seolah-olah ia sedang bicara langsung kepada kita, para pembaca bukunya, dengan gaya bahasa yang sangat jujur. Pri  benar-benar mendeskripsikan realita bidang DKV di masanya dan masa era terkini semasa beliau hidup.

Tulisan-tulisan dalam buku ini dikumpulkan dari arsip situs Desain Grafis Indonesia. Sengaja menghindari sedikit mungkin penyuntingan, buku desain ini diharapkan mampu mempertahankan nuansa Pri, pada paragraf demi paragraf. Rancang grafis garapan Detego Studio di bawah arahan Vera Rosana (salah seorang murid Pri) dimaksudkan memberi visual yang selaras dengan gaya Pri.

Buku desain jenis ini sangatlah jarang di Indonesia. Rekam jejak profesi seorang desainer grafis & pendidik  tertulis secara luwes namun berbobot mengenai DKV itu sendiri, sangatlah menarik untuk dibaca. Bagi saya, buku ini masuk ke dalam daftar pribadi sebagai “The book every designer should read” terutama di Indonesia. Very recommended!

PS: Jika tertarik, buku ini dapat dibeli di toko online DGI beralamat di store.dgi.or.id

Leave a Reply