Mengandalkan Tulisan, Membuka Peluang

Josefa Arybowo

Josefa Arybowo

Literary enthusiast who put huge interest in music and photography. Black coffee, pencil, and notebook are her inseparable companions.
Josefa Arybowo

Latest posts by Josefa Arybowo (see all)

Pagi ini, sebelum atau saat Anda berangkat ke kantor, Anda mengecek kotak masuk e-mail. Kemudian Anda menemukan paling tidak satu dua advertorial atau infomercial yang belum dibuka. Di dalam email tersebut, terdapat artikel berisi sejumlah informasi yang dekat dengan keseharian dan terasa “Gue banget, nih!”. Mungkin Anda tidak benar-benar tertarik dengan produk yang ditawarkan, tetapi hanyut oleh artikel yang dibaca.

eec66dab684deb6735d372221a5031fd

Di kantor pun, ketika sedang tidak ada brief yang masuk atau pekerjaan sudah selesai, Anda mengisi sisa waktu dengan berselancar di dunia maya. Sekadar mengintip-intip tren dan informasi terbaru yang ada di website atau blog favorit. Pikiran Anda kemudian melayang dan terlintas pendapat, “Seru juga jadi penulis.”

Di tengah maraknya persaingan bisnis online dalam 5 tahun belakangan ini, tulisan menjadi sesuatu yang sangat diandalkan. Itu sebabnya penulis artikel di media online, mulai dari kanal media sosial sampai konten website, telah menjadi satu pilihan profesi yang menarik. Bahkan di kalangan anak muda dan blogger, profesi ini menjadi sebuah tren yang cukup disorot. Tidak heran jika jasa penulisan artikel konten saat ini menjamur, bahkan sudah menjadi bidang bisnis sendiri.

Keberadaan konten memang penting untuk “memelihara” media sosial dan website. Sebagai pengunjung, Anda tentu akan betah berlama-lama mampir ke sebuah website yang menyediakan sesuatu yang informatif. Semakin banyak artikel unik yang tidak bisa dikunjungi di tempat lain dalam sebuah website, maka traffic atau lalu lintas pengunjung yang datang ke website tersebut akan meningkat. Hal ini kemudian berdampak pada keuntungan yang diterima si pemilik website.

Sebenarnya apa yang membuat profesi penulis artikel konten online jadi lebih dinikmati?

Percayalah. Menulis adalah kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki setiap orang. Kabar baik untuk Anda, secara alamiah setiap orang sebenarnya bisa menulis; karena pada dasarnya kita semua senang mengemukakan ide. Kesampingkan dulu persoalan menulis dengan baik atau tidak. Itu adalah teknik yang bisa dipelajari seiring berjalannya waktu. Menulis terbukti dapat diaplikasikan dalam banyak hal, terutama bagi mereka yang bekerja, baik sebagai karyawan maupun pemilik perusahaan. Bagi yang tidak bekerja secara formal pun, menulis adalah salah satu cara yang ampuh untuk membuka peluang, terutama di era digital seperti sekarang ini.

student-849827_1280

Dibandingkan jurnalis yang memiliki kebutuhan untuk bertemu langsung dengan narasumber untuk memproduksi tulisannya, para penulis artikel konten cenderung dimudahkan dengan keberadaan informasi yang tersaji di internet. Di rumah pun, dengan adanya akses internet, para penulis bisa mengolah dan merangkum data-data untuk dijadikan sebuah tulisan yang informatif dan komprehensif. Apalagi, pembaca media online cenderung tidak memiliki rentang perhatian yang lama; maka artikel sepanjang 300-500 kata, dengan gambar dan video yang mendukung, menjadi sangat digemari. Yang terpenting dalam bisnis penulisan seperti ini adalah penulis harus berani belajar menguasai beragam model dan karakter penulisan, serta menguasai banyak tema dan pengetahuan. Hal ini tentu bisa didapatkan dari banyak membaca dan mengobrol. Dan bukan tidak mungkin jika seorang penulis konten kemudian didapuk menjadi seorang penulis buku. Seperti judul artikel ini: mengandalkan tulisan, membuka peluang.

Walau demikian, bukan berarti menjadi seorang penulis artikel konten adalah sesuatu yang mudah.

Ketika Anda tidak memiliki sesuatu yang baru untuk dibagikan kepada orang lain, maka Anda tidak bisa berharap bahwa website atau blog Anda akan sesering itu dikunjungi. Dengan warna-warni persaingan, maka bisnis apa pun yang sedang Anda geluti wajib diperkaya kontennya. Jangan ragu untuk berbagi lewat tulisan, lewat konten, dengan suara Anda sendiri. Cukup ceritakan apa adanya, sebab dari situlah anda membangun kepercayaan orang lain yang membacanya dengan suara yang berbeda. Yang Anda butuhkan selanjutnya adalah kesegaran sehingga para pengunjung tertarik berselancar di website Anda dan menjadi loyal berkunjung ke sana. Tak butuh waktu lama, Anda bisa buktikan hasilnya!

2 thoughts on “Mengandalkan Tulisan, Membuka Peluang

Leave a Reply