Mengabadikan Cinta lewat Buku

Arkea Story

Arkea Story

Focusing on writing services, pre press & printing, media services and publishing services, we elevate your brand by your own stories.
Arkea Story

Bunga atau perhiasan mungkin jadi pilihan banyak pasangan diantara kita untuk menyimbolkan kisah cinta yang terjalin. Namun tidak bagi Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim yang mengabadikan cinta lewat buku. Ia bertekad memberikan sebuah kado abadi kepada sang istri, Pusparani Hasjim dalam perayaan 37 tahun usia pernikahan mereka pada November silam.

Chappy memilih untuk mengabadikan jalinan kisah kasih mereka dalam untaian kata demi kata ‘bulan madu’ kedua mereka ke Amerika yang telah menjadi impian lama sang istri. Pilihan ini tak hanya unik tetapi juga tentu saja menantang.

Menuliskan romansa dalam sebuah buku tak hanya jauh lebih romantis, tetapi secara psikologis jauh lebih menyehatkan dalam konteks hubungan dengan pasangan. Psikolog Universitas Indonesia Denia Putri Prameswari menilai menulis cerita penting sebagai salah satu aktivitas refleksi diri sekaligus mengingatkan kembali sumber kebahagiaan mereka.

“Sederhananya ini adalah mengabadikan langkah, baik yang sifatnya kebahagiaan maupun pelajaran yang telah dilalui bersama sebagai sebuah tim,” jelas Denia.

Denia mengingatkan sebagai media refleksi diri, perjalanan yang dituliskan dalam buku dapat menjadi cermin untuk menata hubungan. “Dimana kebahagiaan dan pelajaran sama-sama memiliki efek yang kuat untuk mempererat hubungan yang telah terjalin,” jelasnya.

Tak hanya itu, pengabadian romansa dalam bentuk buku berarti pula sebuah pewarisan pelajaran berharga dari sebuah kisah klasik percintaan manusia. Di tengah arus negatif perceraian, buku perjalanan romansa dapat menjadi sebuah motivasi positif dalam mengarungi rumah tangga.

 

400x400_paket-lovebook)hi-res (3)

Buku berjudul “Romansa Americana” yang ditulis Chappy ini misalnya, tak sekadar ‘memamerkan’ sebuah perjalanan cinta, tetapi lebih dari itu menjadi sebuah potret keteladanan bagi pasangan-pasangan muda.

Sebagai bagian dari kefitrahan manusia, romansa memang senantiasa menjadi bagian yang menonjol dalam sebuah buku. Sejarah perbukuan mencatat romansa menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam setiap buku, novel maupun literatur sastra berkualitas.

Namun daripada sekadar menikmati bacaan romansa saja, kenapa tidak coba Anda abadikan cinta lewat buku?

#CelebrateYourLove
#SayItWithBooks

 

 

Leave a Reply