Media Cetak Masih Menempati Posisi Eksklusif

Josefa Arybowo

Josefa Arybowo

Literary enthusiast who put huge interest in music and photography. Black coffee, pencil, and notebook are her inseparable companions.
Josefa Arybowo

Latest posts by Josefa Arybowo (see all)

Belum lama ini, tepatnya pada bulan April lalu, Pew Research Center merilis hasil riset mereka berkaitan dengan perhatian masyarakat Amerika terhadap media cetak di tengah invasi media digital (baca juga: Media Cetak atau Media Digital). Hasilnya ternyata sangat di luar dugaan. Di tahun 2014, 56% pembaca surat kabar di Amerika Serikat membaca edisi cetak surat kabar secara eksklusif. Dibandingkan tahun sebelumnya, angka ini meningkat sebesar 1%. Di luar perkiraan, ternyata hanya 6% pembaca yang membaca berita melalui melalui komputer atau laptop, dan 5% mengaksesnya lewat ponsel dan aplikasi lainnya.

Angka yang menakjubkan bukan?

man_reading_newspaperMemang, jika dibandingkan secara kuantitas, pembaca media digital jauh lebih banyak dibandingkan media cetak. Angka pembaca media digital bisa mencapai puluhan juta, berpuluh kali lipat lebih banyak dibanding media cetak yang hanya mecapai ratusan ribu. Sebagai contoh yang diungkapkan dalam hasil riset ini adalah The New York Times. Mereka melaporkan, jumlah pembaca cetaknya rata-rata hanya 650.000 pembaca pada September 2014, sedangkan pengunjung yang mengakses berita dari situs dan aplikasi ponsel mencapai 54 juta pengunjung (di bulan Januari 2015). Namun, Pew Research Center menemukan bahwa mereka yang membaca media secara digital rata-rata hanya menghabiskan waktunya selama 4,6 menit di sebuah situs. Itu artinya, media digital tidak ubahnya menjadi media selintas yang tidak memberikan apa yang disebut sebagai “pengalaman membaca”.

Jika diperhatikan dari presentasi iklan yang terdapat di media digital atau media cetak, memang, media digital jauh lebih unggul. Tetapi dengan demikian, tidak perlu dipertanyakan lagi bukan mengapa pada akhirnya media cetak benar-benar memegang posisi eksklusif dengan kualitas keterlibatan pembaca yang cukup tinggi?

Leave a Reply