5 Tips Membuat Judul Novel Keren

Arkea Story

Arkea Story

Focusing on writing services, pre press & printing, media services and publishing services, we elevate your brand by your own stories.
Arkea Story

Naskah novel sudah selesai, tapi kamu malah ragu dengan judul yang sudah ada?

Jangan galau dulu. Ini dia tips membuat judul novel keren yang bisa langsung kamu coba!

1.Buat Daftar Pengelompokan Kata

Buntu membuat judul untuk novelmu?

Coba buatlah daftar kata.

Caranya ambil secarik kertas lalu buatlah beberapa kolom sebagai pengelompokkan kata. Kolom pertama untuk setting, kolom kedua untuk tokoh, kolom ketiga terkait alur atau momen dalam novel. Lalu, mulai lah menulis kata-kata yang berkaitan dengan masing-masing pengelompokan. 

Misalnya rumah, Cassablanca, kampus,  untuk setting.

Atau terusir, lelah, sakit hati, untuk alur atau momen.

Tokoh serta kata-kata yang menggambarkannya pun tak kalah menarik untuk didaftar, misalnya saja:  raja, Yati, Si Buta, Mbah Minten dan seterusnya.

Jika ingin terdengar lebih eksotis dan membuat penasaran, pakailah bahasa asing, bahasa kuno seperti sansekerta atau bahasa daerah. Buat hingga 100-200 kata. Kemudian mulailah membuat kombinasi kata dari daftar tersebut.

Kamu akan terkejut dengan banyaknya kombinasi kata yang bisa kamu hasilkan.

Jika dirasa ada satu kata yang kuat dan mencerminkan novelmu dengan baik masukkan ke daftar kandidat judul. Novel dengan judul satu kata belakangan ini memang sedang jadi tren.

2.Lakukan riset kecil-kecilan

Parameter termudah menentukan judul novel yang keren ialah melihat novel sejenjs yang menjadi best seller sebelumnya. Jadi, lakukan riset kecil-kecilan, terutama novel sejenis yang sedang kamu garap.

Jika genre novelmu novel detektif misalnya, perhatikan para novelis ternama biasanya lebih suka menggunakan tokoh sebagai judul novel untuk menguatkan karakter sang detektif.

Riset kecil-kecilan  ini juga bermanfaat untuk membandingkan judul-judul yang ada dengan judul yang ingin kamu buat, lalu rasakan apakah judul yang kamu pilih sudah cukup menonjol? Jika perlu diskusikan dengan beberapa temanmu mengenai opsi yang kamu pilih.

3. Memplesetkan kata, tagline, ungkapan hingga pribahasa terkenal

Mengubah sesuatu yang ngetop dan klise menjadi terdengar konyol bisa menjadi judul yang catchy lho! booklovers. Misalnya saja mengganti kata ‘sampah’ dengan ‘mantan” dari tagline pemerintah ini: “Buanglah Mantan Pada Tempatnya”.

Memilih judul dengan cara ini memang jauh lebih leluasa namun perlu banyak latihan agar pelesetan kata yang kita lakukan tidak berlebihan, yang dapat membuat para pembaca justru bingung.

Cobalah latihan dengan sering melakukan twist pada judul atau kata yang sudah ada agar terdengar segar dan bikin penasaran.

Misalnya saja kata ‘peter pan’ di twist menjadi ‘pete pan’ untuk menggambarkan tokoh yang suka pete, lalu sebarkan ke beberapa temanmu dan lihat apakah mereka suka.

Sumber gambar: Starvision
4. Padu-padan secara acak

Biasanya saat memadumadankan kata, orang cenderung menggunakan kata yang sepadan dengan makna dan nada yang sama. Nah sesekali cobalah memadupadakan kata-kata yang sudah didaftar tadi secara acak hingga membentuk kata atau rangkaian kata yang unik.

Raditya Dika merupakan salah satu contoh penulis yang hampir selalu melakukam padu-padan acak pada judul karya-karyanya. Misalnya, “Marmut Merah Jambu” yang kini juga sudah difilmkan itu. Seumur-umur rasanya tak ada marmut yang berwarna merah jambu tapi ini justru yang membuat calon pembaca semakin penasaran.

Padu-padan acak ini juga berlaku untuk menggabungkan kata. Sehingga kata yang dihasilkan pun berupa kata baru yang unik.

5. Berkontempelasi

Jika sudah menghasilkan beberapa kandidat judul ada baiknya kamu tidak langsung memutuskan. Endapkan sebentar. Lalu ambilah waktu satu atau dua hari untuk berkontempelasi.

Maksudnya?

Kontempelasi pada dasarnya adalah tahap untuk merenung. Benar-benar merenung. Kondisikan tubuh, hati dan pikiran serileks mungkin. Cari tempat yang cukup tenang dan tak banyak gangguan agar proses merenung dapat berjalan dengan baik.

Nah, selamat menemukan judul novel yang keren ya.
Jika sudah jadi, bisa kamu kirimkan ke penerbit atau kamu terbitkan sendiri.

Leave a Reply