Jasa Pembuatan Company Profile yang Bercerita

Sica Harum

Sica Harum

CEO, Head of Content at Arkea
Create content based on data. She has more than 10 years experiencing in journalism and digital content, specialized in narrative journalism.
Sica Harum

Company profile merupakan alat untuk mengenalkan perusahaan kepada calon klien ataupun mitra. Didesain khusus dengan mengoptimalkan aspek foto dan grafis, sebuah company profile dapat menjadi alat pembuka bisnis baru dan mungkin sangat signifikan untuk penjualan.

Karena itu, penting untuk membuat company profile yang “bercerita” dan membuat calon klien jatuh cinta pada bisnis Anda saat pandangan pertama. Bagaimana caranya?

Cover company profile sangat mempengaruhi impresi calon klien

Sometimes, they judge from the cover.

Cover company profile yang atraktif, dan kadang provokatif, dapat menjadi alasan pertama calon klien jatuh cinta pada perusahaan Anda. Biasanya, jenis industri pun menentukan gaya desain cover. Kalau bisnis kita bergerak di bidang hukum, misalnya, maka kesan yang formal dan serius menjadi hal penting. Jika bisnis bergerak di bidang kreatif, maka tampilan cover yang provokatif bisa sangat merepresentasikan kepribadian perusahaan.

Komponen visual sangat penting dalam company profile

Visual. Visual. Visual.

Pada halaman yang terbatas, komponen visual dapat membantu calon klien menangkap pesan perusahaan dengan cepat. Sebisa mungkin, hindari penggunaan stok foto yang mungkin saja sudah dipakai perusahaan lain yang sejenis. Grafis sederhana juga dapat memberikan gambaran tentang jasa atau produk perusahaan Anda. Inilah alasan kenapa Anda perlu menggunakan jasa fotografer dan desainer grafis yang memang tahu bidangnya dan berpengalaman. Investasi pada desain yang baik akan berumur panjang bagi kegiatan marketing perusahaan.

Company profile yang bercerita memuat servis dengan jelas

Jelas sebening kristal.

Menulis sejarah perusahaan termasuk hal penting pada company profile, tapi tak perlu berpanjang-panjang. Yang penting, fokus pada esensi: yaitu untuk apa dan kenapa perusahaan ada.  Kemudian, jelaskan layanan atau produk unggulan perusahaan dengan jelas, lugas dan persuasi yang pas. Perusahaan merupakan personifikasi dari para pendiri atau pemiliknya, jadi sebaiknya tetaplah menjadi diri sendiri.  Jangan typo, dan hindari kalimat-kalimat panjang. Jika kemampuan menulis Anda terbatas, atau waktu tak lagi tersisa, gunakan jasa penulis profesional yang dapat merangkai kalimat sesuai warna dan gaya perusahaan.

 

Company Profile yang bercerita memuat produk/servis perusahaan

Trust.

Bangun kepercayaan awal lewat sejumlah karya yang sudah Anda kerjakan. Tak usah ragu memajang produk unggulan. Asal di desain dengan baik, company profile yang memuat informasi produk tak akan berubah menjadi brosur. Jika bergerak di bidang jasa, kumpulkan dulu portofolio bila memungkinkan. Tawarkan harga kolaborasi dengan sejumlah perusahaan lain yang bisa menggunakan produk Anda.

Kontak dan legalitas.

Pastikan kontak yang valid pada company profile. Jangan lupa mencantumkan informasi legalitas yang mumpuni. Biasanya, ini penting jika Anda menarget pasar korporasi/perusahaan.

Print. Website. Video.

Company profile dapat disajikan dalam bentuk materi cetak, website dan video. Company profile dalam bentuk fisik/print masih jadi yang media utama. Formatnya, bisa berukuran A4 atau A5. Jika pasar Anda retail, biasanya ukuran A5 pun cukup. Tapi kalau instansi pemerintah, atau korporasi yang jadi target Anda, sebaiknya ukuran A4 dengan kertas yang cukup tebal dan dilaminasi. Penggunaan matte paper untuk bagian isi sebetulnya sudah cukup jadi pilihan apabila anggaran tak memenuhi harga kertas fancy. Jangan lupa untuk menjadikan file ini sebagai soft copy yang bisa dilampirkan saat Anda mengirim email perkenalan.Media kedua ialah website. Apabila memungkinkan, tampilan depan website/frontpage dapat dijadikan “company profile” online perusahaan Anda. Karakter website yang lebih dinamis dapat dilengkapi dengan portofolio terbaru perusahaan.Dan jika masih memungkinkan, buatlah video company profile. Pilihan gaya komunikasinya dapat beragam sesuai dengan karakter bisnis dan kebutuhan Anda. Ada yang efisien menggunakan gaya video dokumenter: menggambarkan servis apa saja yang dilayani perusahaan Anda dalam aktivitas rutin perusahaan. Bisa juga menggunakan video grafis, atau bahkan “video” berisi slide show foto. Kalau Anda suka dan bisa, silahkan memproduksinya sendiri lalu menyerahkan kepada editor video untuk menyuntingnya. Pilihan lain yang lebih praktis ialah berkonsultasi dengan videografer berpengalaman dan mempercayakan kepada mereka.

1015_min

Dan jangan lupa, sangat penting untuk memberi brief yang lengkap dan waktu yang cukup.

Jika Anda mempercayakan pembuatan company profile kepada pihak ketiga, maka pastikan Anda sudah memberikan brief yang lengkap di awal. Ini akan sangat membantu mereka yang harus membuat teks isi company profile, melakukan pemotretan, dan mendesain company profile secara keseluruhan. Biaya paket komplit ini tentu berbeda jika Anda sudah punya draft teks yang Anda tulis sendiri, atau sudah ada foto-foto pelengkap yang dapat digunakan.

Jangan lupa pertimbangkan juga tentang waktu. Jangan menyiksa tim pembuat company profile dengan tenggat yang mepet. Umumnya, jika pemilik perusahaan dapat memberikan brief dengan jelas dan komplit, maka penggarapan teks dapat dikerjakan selama 1-2 hari. Pemotretan dapat dilakukan 1 hari di lokasi. Selanjutnya tim desain bisa menggarap 1-2 hari.  Jadi, bila semua lancar, maka prosesnya bisa berjalan selama 3-5 hari kerja. Tinggal sesuaikan saja dengan konten apa yang sudah Anda punya. Dan demi efisiensi waktu, kirim bahan lengkap di awal. Juga, disiplinlah untuk segera memberi revisi agar company profile Anda cepat jadi dan bisa segera jadi alat pemasaran bisnis.

RibbonProposal-ok

Leave a Reply