Hadiah untuk Para Pecinta Buku

Josefa Arybowo

Josefa Arybowo

Literary enthusiast who put huge interest in music and photography. Black coffee, pencil, and notebook are her inseparable companions.
Josefa Arybowo

Latest posts by Josefa Arybowo (see all)

Kita semua memilliki setidaknya satu orang yang benar-benar mencintai buku. Benar-benar mencintai; sampai sama sekali tidak bisa lepas dari hal-hal terkait buku dan dunia tulis menulis. Mereka adalah orang yang selalu mengajak kencan akhir pekan ke perpustakaan, kafe buku, atau toko buku; dan menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mengomentari bahwa sampul buku cetakan pertama jauh lebih bagus daripada cetakan terbaru. Mereka adalah orang yang selalu memperhatikan kesalahan menulis pada billboard iklan, koran, dan buku. Mereka adalah orang yang selalu datang ke acara peluncuran buku, pembacaan karya, dan diskusi. Orang-orang ini tidak pernah membawa tas yang ringan karena selalu ada buku bacaan yang mereka simpan.

Ketika para pecinta buku ini berulang tahun atau merayakan momen spesial, hadiah apa yang paling tepat diberikan untuk mereka? Menghadiahkan buku memang bukan ide yang basi—karena bagi para pecinta buku, mendapat hadiah buku adalah salah satu yang terbaik. Namun, apa salahnya memberi variasi agar kecintaan mereka terhadap buku pun bertambah?

Mungkin hal-hal berikut bisa menginspirasi.

  1. Wisata literasi

Di Indonesia, wisata literasi belum menjadi tren seperti di Eropa atau Amerika. Tidak banyak tempat-tempat yang muncul dalam buku diwujudkan secara nyata sebagai obyek wisata. Namun, hal itu tidak menjadi masalah. Kita bisa melakukannya sendiri meski tanpa agen sekalipun, misalnya dengan mengunjungi tempat di mana penulis favorit kita menulis, atau tempat di mana pertemuan tokoh A dan tokoh B yang ada di novel X terjadi.

  1. Pakaian atau tas bertema literasi

Mengingat sekarang ini sudah banyak tempat sablon yang menyediakan jasa cetak satuan, tidak ada salahnya membuat kaus atau tas dengan desain berisi kutipan kata-kata dari novel favorit.

  1. Book clutch

Tak hanya gawai pintar, buku pun berhak mendapat “perlindungan” agar ketika dibawa-bawa tidak perlu takut lecek. Book clutch adalah hadiah yang menarik bagi para pecinta buku.

  1. Syal dan sarung tangan

Meski kurang cocok untuk dikenakan sehari-hari di Indonesia karena cuaca yang panas, boleh saja mencoba menghadiahkan syal dan sarung tangan yang mengingatkan pada Edgar Allen Poe atau Frances Hodgson Burnett.

  1. Lampu Buku

Apa yang paling dibutuhkan mereka yang gemar membaca di mana saja? Tentu saja lampu buku! Bisa saja memberi lampu meja, tetapi memberi lampu buku yang portable dan bisa dijepit di buku langsung adalah ide brilian yang tidak pasaran.

  1. Cangkir kopi/teh

Siapa yang menolak minum teh atau kopi dengan cangkir berisi kutipan buku favorit. Apalagi kalau hadir bersama makanan dan buku itu sendiri.

 

Anda punya ide hadiah lainnya? Mari berbagi dengan kami di kolom komen di samping ini.

Leave a Reply