Di Mana dan Kapan Saya Harus Menulis?

Josefa Arybowo

Josefa Arybowo

Literary enthusiast who put huge interest in music and photography. Black coffee, pencil, and notebook are her inseparable companions.
Josefa Arybowo

Latest posts by Josefa Arybowo (see all)

Setiap penulis memiliki kebiasaannya masing-masing dalam menulis. Kadang, mengulik kebiasaan para penulis-penulis besar dapat membuat kita merasa aneh sekaligus geli. Banyak hal tak terduga yang biasa mereka lakukan saat menulis atau mencari ide untuk menulis.

Ada dari mereka yang menghabiskan waktu malamnya untuk menulis dan baru tidur ketika semua orang bangun, ada yang hanya menulis di atas mesin tik (beberapa penulis besar Indonesia, seperti Linus Suryadi sangat tergantung pada mesin ini), ada yang tidak bisa melepaskan diri dari rokok dan kopi, ada yang berolahraga sebelum menulis (Kurt Vonnegut rajin melakukan push up dan sit up), ada yang membutuhkan keramaian di kedai kopi (seperti J.K. Rowling), ada juga yang mengurung diri di kamar dan mengasingkan diri dari bunyi-bunyian (Roald Dahl adalah salah satunya).

Tidak ada yang bisa mengatur penulis kapan dan di mana ia harus menulis. Jika Anda nyaman menulis di rumah, maka menulislah di rumah. Tetapi jika Anda membutuhkan suasana lain untuk menemukan inspirasi, maka pergilah. Walau demikian, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar paling tidak ada satu atau dua kalimat yang tertuang di atas kertas atau layar laptop.

 

Infografis 150ppi

Leave a Reply