Di Balik Buku: Chappy Hakim – Romansa Americana

Sica Harum

Sica Harum

CEO, Head of Content at Arkea
Create content based on data. She has more than 10 years experiencing in journalism and digital content, specialized in narrative journalism.
Sica Harum

Berawal dari kerjasama penulisan buku Chappy Hakim mengenai pertahanan dan keamanan negara (yang belum dirilis sampai saat ini), Pak Chappy lantas melontarkan ide untuk membuat buku perjalanan. Kebetulan, pertengahan September ia akan bepergian ke Amerika Serikat. “Bulan madu ke dua,” katanya senyum-senyum.

Dari awal, eks-KASAU itu menyebut bahwa buku perjalanan 30 hari di Washington DC dan sekitarnya itu diniatkan sebagai kado buat sang istri, merayakan ulang tahun pernikahan mereka ke-37 pada 30 November 2015. Makanya ia berpesan, “Ini rahasia ya, bakal jadi surprise.”

Sesampainya di Amerika Serikat, Pak Chappy menulis dan mengirim naskah setiap hari, via email. Jadi, naskah buku ini berbasis catatan harian. Setelah semua terkumpul dan diedit, barulah di-layout. Ada beberapa hal yang menarik sebagai pengetahuan baru (buat saya) di buku ini. Sebagai penggemar buku dan perpustakaan, tulisan tentang Library of Congress ialah salah satu yang menarik.

Foto-foto untuk buku ini baru kami dapatkan setelah Pak Chappy tiba di Jakarta. Beberapa diambil dengan kamera DLSR dengan resolusi tinggi. Sisanya diambil menggunakan kamera ponsel yang ternyata lumayan oke juga dicetak pada kertas HVS 80 gr.

Tidak seperti buku Chappy Hakim lainnya,  buku ini diproduksi terbatas. Sebagian diantaranya dibagikan menjadi souvenir pada perayaan pernikahan ke-37th Chappy Hakim – Pusparani Hasjim di Jakarta.

Selamat ulang tahun pernikahan ke-37 Pak. Keep writing, ya Pak. 🙂

#SayItWithBooks #CelebrateYourLove

BlogCH-4A

BlogCH-5A

BlogCH-1A

BlogCH-3A

BlogCH-7A

BlogCH-2A

 

Jpeg

Leave a Reply