Kembangkan bisnis melalui pemasaran online. Anda bisa mengandalkan content marketing yang relevan dan menarik bagi target pasar produk atau jasa Anda.

Content marketing, sejatinya merupakan salah satu cara berkomunikasi kepada pelanggan atau prospek, tanpa harus menjual produk atau jasa secara langsung.

Content marketing merupakan strategi pemasaran yang berfokus pada penciptaan konten relevan, bermanfaat dan konsisten, untuk menarik dan mendapatkan pelanggan sesuai target. Sifatnya soft selling hingga mendapatkan kepercayaan. Dari kepercayaan, baru lah terjadi penjualan dan loyalitas.

Content marketing dapat didistribusikan di semua media yang menjangkau pasar dengan karakter sesuai produk atau jasa bisnis Anda. Jika dilakukan dengan baik, biaya untuk ini akan jauh lebih murah daripada habis-habisan beriklan.

Sebab inti dari content marketing ialah membangun komunikasi dan kepercayaan pelanggan. Content marketing bukan iklan, dan sesungguhnya pendekatan ini bukan barang baru.

Tahun 1895, produsen alat pertanian di Amerika Serikat telah menerbitkan tabloid The Furrow. Tabloid itu berisi cara bercocok tanam agar panen memuaskan. Cara itu terbukti berhasil dan meningkatkan penjualan alat pertanian. Brand mereka juga tertanam dengan kuat di kalangan petani.

Net a Porter juga bisa dikedepankan sebagai contoh content marketing yang menarik lewat medianya, tabloid Mr Porter Post,  sebuah katalog produk yang dicintai.

Pic: 2.bp.blogspot.com
Pic: 2.bp.blogspot.com

Tak cuma dalam bentuk media cetak, content marketing hadir dalam berbagai bentuk digital. Antara lain:

Video

Pikirkan sebuah video singkat berdurasi tak lebih dari 1 menit untuk disebar melalui media sosial. Atau jika memungkinkan, buat video panjang yang dapat diakses melalui Youtube. Yang penting, kualitas gambar baik dan kontennya relevan.

Anda bisa berbagi tips membuat cake yang tidak bantat jika Anda menjual kue. Atau rekaman video pesta anak jika Anda menjalankan bisnis party organizer. Atau barangkali gerakan yoga yang efektif mengecilkan perut?

e-Book

Anda bisa mulai membuat e-book yang bermanfaat, meski tak perlu terlalu tebal.

Jika Anda menjual produk, maka e-book ini dapat berisi inspirasi penggunaan produk Anda. Jika Anda menjual jasa, bagikan tips dan trik yang relevan dengan apa yang Anda jual.

Misalnya, panduan memilih calon pegawai jika Anda profesional dalam bidang HRD. Atau panduan mix and match busana kantor jika Anda menjual baju secara online.

Podcast

Ada orang yang lebih suka membaca, atau melihat video. Tapi ada juga yang lebih suka mendengarkan sesuatu. Rekaman training, atau rekaman tutorial, bahkan motivasi, dapat menjangkau para calon pelanggan yang menyukai audio.

Infografis

Visualisasi informasi dan data dalam bentuk infografis yang menarik umumnya diterima oleh publik. Jika bisnis Anda ialah kedai kopi, infografis berisi cara pembuatan capuchino secara manual, atau informasi macam-macam minuman kopi, bisa jadi disimpan oleh pelanggan.

Jika Anda menjual jasa konsultasi kesehatan, informasi mengenai panduan mengkonsumsi buah dan sayur dapat disajikan dalam infografis yang menarik.

Presentasi

Betul, Anda tak salah baca. Presentasi yang menarik merupakan bagian content marketing yang bisa menumbuhkan dan meningkatkan trust orang lain atas bisnis Anda.

Blog

Sebuah website perusahaan tak akan cukup. Memiliki blog sama pentingnya dengan memiliki akun media sosial sebagai kanal pemasaran bisnis.

Blog yang aktif berbagi informasi menarik diyakini mampu meningkatkan konversi penjualan. Kini semua perusahaan bisa memiliki media mereka sendiri, dan dapat diakses kapan saja. Apapun bisnis Anda, baik dalam skala kecil, menengah hingga korporasi,  perlu membangun media sendiri.

Informasi yang dapat dibagi ialah artikel terkait produk atau jasa tanpa harus mengacu langsung kepada produk atau jasa bisnis Anda. Agar relevan dengan target pasar, lakukan riset terlebih dahulu. Apa yang dibutuhkan target pasar Anda? Mulailah berbagi informasi sesuai kebutuhan mereka.

Blog dengan konten yang menarik, relevan, sekaligus optimal dalam strategi SEO, akan menarik pelanggan baru. Jangan lupa menawarkan langganan newsletter. Biasanya strategi ini lebih murah daripada biaya iklan langsung.

Tertarik membuat content marketing?

Atau, butuh satu paket pembuatan dan pengelolaan blog/ media?