Buku Kecil yang Menjelaskan Perceraian kepada Anak

Sica Harum

Sica Harum

CEO, Head of Content at Arkea
Create content based on data. She has more than 10 years experiencing in journalism and digital content, specialized in narrative journalism.
Sica Harum

Bulan Agustus 2015, saat Denia Putri Prameswari pertama kali datang ke kantor Arkea, kami sudah jatuh cinta pada sebuah buku bersampul gambar keluarga kelinci yang terlihat ceria. Buku kecil itu, kata Denia, ialah tesis-nya, telah diuji pada sidang master di Universitas Indonesia. Sebuah buku kecil yang menjelaskan perceraian kepada anak.

Kenapa perceraian?

Barangkali memang tak ada pasangan yang berharap pernikahan mereka berujung pada perceraian. Tapi kenyataan bisa saja berbeda. Berdasarkan data 2013, BKKBN menyatakan tingkat perceraian di Indonesia ada di urutan tertinggi se-Asia Pasifik, rata-rata 40 kasus perceraian terjadi tiap jam. Dan kebanyakan, pernikahan yang kandas itu berumur di bawah sepuluh tahun. Artinya, ada anak-anak usia dini yang membutuhkan penjelasan yang baik mengenai perceraian, demi sehatnya perkembangan jiwa si anak. 

denia3

Denia Putri Prameswari, membuat buku ini untuk diujikan pada sidang master-nya di Universitas Indonesia. “Sekarang, aku mau buku ini enggak cuma buat kuliahku saja, tapi juga bisa bermanfaat buat banyak orang di luar sana,” katanya saat itu.

Denia sengaja memilih karakter kelinci sebagai tokoh cerita. Menurut teori, kelinci ‘tak mengancam’. Ia tak bertaring, dan punya karakter lembut. Denia menamai tokoh kelincinya dengan nama Kelik, singkatan dari Kelinci Cilik.  

Buku berjudul “Kami Tetap Menyayangimu Kelinci Kecil”, akan membantu para orang tua ataupun guru di sekolah untuk menjawab pertanyaan kritis anak, terutama tentang perceraian. Bagi keluarga yang tak bercerai pun, buku ini bisa menjadi alat menjelaskan saat anak-anak bertanya “bercerai itu apa sih?”. Bisa jadi, mereka mendengar kata itu dari televisi, obrolan orang dewasa, ataupun kanal informasi lainnya lewat internet.

Makanya, buku ini sengaja dibuat dengan ilustrasi memikat karya Randy Archie Primawan, untuk menggenapi gaya dan bahasa yang ringan, yang mudah dipahami oleh anak-anak. Sekaligus memudahkan para orang tua menyampaikan maksud dari buku tersebut.

Well done, Denia. Kami bangga menjadi bagian yang mewujudkan impian Denia. Mudah-mudahan, buku ini bisa diterima oleh khalayak luas. Informasi lebih lanjut mengenai Denia dan bukunya bisa dibaca di www.deniaputri.com. Bukunya bisa dibeli di arkeashop seharga Rp45.000 saja. Berminat menjadi reseller? Hubungi shop@arkea.id

 

Selamat membaca!

 

 

Leave a Reply