Apa yang tak berubah dari pelanggan Anda?

Sica Harum

Sica Harum

CEO, Head of Content at Arkea
Create content based on data. She has more than 10 years experiencing in journalism and digital content, specialized in narrative journalism.
Sica Harum

 

Prediksi masa depan menentukan strategi yang dijalankan saat ini. Tapi kadang-kadang, kita terlalu fokus menerka perubahan dan melupakan hal-hal yang tidak berubah.

 

Apapun bisnis Anda, produk atau jasa, selalu bermuara pada hal yang sama: kebutuhan dan keinginan konsumen.

Apa yang tak berubah dari konsumen Anda?

Pasar mungkin bergeser, menyentuh usia dan demografi yang lebih luas. Preferensi mungkin berubah.
Apa yang mereka suka dan tidak suka, mungkin sudah berganti.Namun pasti ada yang sama, ada yang selalu konstan.

Apa yang selalu dilakukan konsumen Anda?
Apa yang selalu menjadi harapan konsumen Anda?

Proses yang jelas dan transparan?
Ketepatan waktu?
Kualitas prima?

Atau apa?

Setiap bisnis punya pasar masing-masing, dengan hal-hal esensial yang tidak berubah dari masa ke masa. Dan hal-hal itu lah yang semestinya menjadi fokus utama kita, para pelaku bisnis.

Perhatikan apa yang tidak berubah dari konsumen Anda.

Leave a Reply